Jumat, 26 Maret 2010

Posted by Tristar Culinary Institute on 08.29 1 comment


Puding art atau seni melukis dalam puding menjadi trend baru di dunia kuliner. Puding yang satu ini jauh berbeda dari biasanya. Kreatifitas melukis dengan media jelly masih booming dan sangat digemari hingga kini. Ini dibuktikan dengan banyaknya peminat dari para ibuhingga anak muda yang kursus privat di Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya yang bertempat di jalan Raya Jemursari 244 Surabaya.
Keren, mungkin itu kata-kata yang pertama kali terucap saat melihat puding art. Di dalam puding ini ada motif bunga dengan putik-putik serta daun-daun yang elok sungguh menawan. 'Waah, bagus ya.... tapi kok sepertinya sulit membuatnya' ucap salah satu peserta kursus.
Seperti inilah yang dilakukan 5 peserta yang datang dari Surabayadan sekitarnya untuk mengikuti kursus privat pembuatan Puding Artdi Kampus Akpar MajapahitJika rajin latihan, pastinya akan semakin trampil membuatnya. Dalam pembuatan puding art memang cukup menantang karena memerlukan kesabaran dan ketelitian. Puding art ini memiliki ciri khas yaitu dengan adanya kombinasi warna dan bentuk di dalamnya pastinya akan terlihat seperti lukisan cantik 3 dimensi.


Alat Sederhana, Hasil Begitu Menggoda.

Begitu cantiknya, tentu sayang untuk dimakan. Terlebih, pembuatannya pun membutuhkan upaya ekstra sehingga menjadi unik. Walau kelihatan rumit ternyata alat yang dibutuhkan cukuplah sederhana, hanya memakai jarum suntik untuk membuat puding menjadi lukisan cantik dan menarik.
'Tidak ada alat khusus, semua puding art ini dibuat menggunakan jarum suntik' ujar Chef Otje ditemui disela-sela pengajaran kursus dengan materi puding art.
Dengan teknik khusus, jadilah lukisan puding yang cantik. Untuk membuat puding art, imbuh chef Otje dibutuhkan clear pudding (puding tanpa warna) sebagai dasar lukisan. serta cream pudding (puding krim/susu) yang masih cair sebagai isian. Nah, dari cream pudding (puding susu) tinggal dicampur dengan pewarna makanan, lalu disuntikan sesuai imajinasi, tambahnya.
Bentuk bunga mawar, misalnya. langkah pertama adalah melukis putiknya terlebih dahulu. Caranya, tusuk puding dengan suntikan berulang kali hingga terlihat seperti putik bunga. selanjutnya untuk kelopak bunga mawar, bisa menusuk suntikan dengan gerakan menyamping, lalu ditarik hingga berbentuk kelopak. sementara untuk membuat daunnya bisa dibentuk sesuai selera disisi bunga mawar. Cukup gampang, bukan !

Puding Art nan Cantik Cocok Untuk Usaha.
Puding art ini merupakan terobosan baru di dunia kuliner dan di Indonesia puding art cukup menarik banyak peminat. Kebanyakan mereka ingin membuat puding art untuk acara ulang tahun ataupun bingkisan. Yang menariknya lagi, ternyata puding art bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.
Anda penasaran dengan proses pembuatan puding art ? Tempat kursus kampus Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya, bisa menjadi pilihan Anda untuk kursus. Disini peserta akan diajarkan untuk membuat lukisan bunga di dalam puding baik itu tanpa dan menggunakan alat bantu. Sementara materi yang diajarkan adalah cara membuat berbagai macam bunga dan daun.  Setiap peserta pun bisa praktik sendiri dan hasilnya bisa dibawa pulang. Pasti menarik ! *Upi


            Kampus Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya, ada di Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya Telp. 031-8433224, 8433225, 81639992, 081332003300, 0817321024, Fax. 031-8432050 (www.tristarculinaryinstitute.com). Ditunggu, ya…!

1 komentar:

  1. Bagi yang bingung bagaimana membuka usaha Bar Cafe dengan sukses silahkan klik Usaha Bar Dengan Sukses Menggunakan Beer dan Wine Cooler Salam Sukses. :)

    BalasHapus